7 Masjid Megah Dunia

Kali ini saya rangkumkan kembali masjid-masjid termegah dan terindah di dunia, dan keindahan masjid diseluruh dunia menjadi daya tarik tersendiri bahkan membuat umat islam bangga dan kagum pada bangunan tempat ibadah. Masjid terindah didunia ini menjadi symbol kejayaan dan kebanggaan umat islam.

Berikut kami merangkum tujuh masjid masjid megah nan indah didunia versi Unik Bin Aneh, ketujuh benda tersebut, yaitu :




1. MASJID AL-HARAM DI MEKKAH
Tak ada yang tak kenal dengan masjid yang satu ini, yaitu Masjid Al-Haram, merupakan masjid terbesar di dunia, di sana terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat sholat ummat Islam seluruh dunia. Masjidil Haram ini dapat menampung kurang lebih 4.000.000 orang. Seisi perut bumi seluruh dunia pun tahu bahwa masjid ini tempat ibadah ummat islam.










2. MASJID AN-NABAWI DI MADINAH

Tempat ibadah ummat islam ini pertama kali dibangun oleh Rasulallah SAW. Masjid An-Nabawi yang terletak di Madinah ini adalah merupakan tempat suci kedua setelah Masjidil Haram. Masjid ini didirikan pada tahun 622. Masjid Nabawi ini mempunyai 10 menara yang masing-masing tingginya 105 meter.  Adapun masjid Nabawi dapat menampung kurang lebih 1.000.000 orang. Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, tempat makam Nabi Muhammad SAW berada. Bangunan asli dari masjid ini adalah bangunan yang terbuka. Masjid ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan masyarakat, pengadilan serta sebuah sekolah agama.







3. MASJID FAISAL DI ISLAMABAD PAKISTAN

tempat ibadah ummat islam yang mempesona ini adalah Masjid Faisal yang terletak di bagian Utara kota Islamabad serta merupakan masjid yang paling besar di Pakistan bahkan se-Asia Selatan. Dengan bentuk yang unik, membuat masjid ini masuk ke dalam masjid terindah di Dunia. Masjid ini berbentuk layaknya sebuah tenda dengan bentuk kubah yang tak sama dibandingkan masjid lain pada umumnya. Keindahan masjid ini pernah di singgung dalam novel karya Khaled Hosseini yang berjudul The Kite Runner.








4. MASJID SULTAN AHMED DI ISTANBUL TURKEY

Masjid ini merupakan masjid Nasional Turki, dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya. Masjid Sultan Ahmad dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M selama pemerintahan Sultan Ahmas 1.










5. MASJID RAYA BAITURRAHMAN DI ACEH INDONESIA

Masjid tanah air Indonesia ini dulunya merupakan masjid kesultananan Aceh. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah dan kegiatan keagamaan, Masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata di Aceh.








6. MASJID TAJ UL DI INDIA

Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultan Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Pembangunan masjid ini sempat terhenti karena beralasan dana, Hingga 1971 masjid baru mulai dibangun kembali. Masjid Taj-UI berarti “mahkota para masjid”. Terletak di Bhopal India. Masjid Taj Ul ini mampu menampung kurang lebih 175.000 jama'ah. Area masjid ini sendiri luasnya mencapai kurang lebih 400.000 meterpersegi. Mempunyai 3 kuibah dan 2 menara.








7.MASJID QUL SHARIF DI RUSIA

Masjid dengan penampilannya yang sangat cantik ini diresmikan pada 24 Juli 2005. Desain arsitektur dari masjid Qolsharif ini adalah seorang arsitek dari Rusia, I. Sayfullin dan S. Shakurof. Masjid Qolsharif adalah merupakan masjid termegah dan terindah di Rusia. Masjid ini diberi nama Qolsharif (bhs Tatar) atau Kul Sharif (bhs Rusia) mengacu kepada nama seorang ulama sekaligus pemimpin terkemuka di Kazan Khanate. Disebutkan dalam literatur-literatur sejarah bahwa Qolsharif bersama murid-muridnya meninggal dunia ketika berusaha mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia pada tahun 1552.  Dan untuk mengenang jasa pahlawan ini, maka atas arahan Presiden Tatarstan, Mintimer Shaymiev, dibnamailah masjid ini dengan nama Qolsharif.





Itulah ketujuh masjid mempesona megah nan indah didunia versi Aneh Bin Unik, simak terus ulasan kami selanjutnya karena disini anda bisa mendapat wawasan dan hiburan baru.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment