7 Ikan Mengandung Merkuri

Ikan adalah sumber protein yang sehat dan tidak banyak mengandung lemak (lean protein),-dan ikan jenis yang berminyak, seperti salmon, tuna, sardines, dll.-mengandung omega-3 yang baik untuk jantung dan otak Anda.
Namun kita juga perlu memperhatikan masalah kelestarian (sustainability) dari ikan-ikan tersebut dan memilih makanan laut yang bisa dilestarikan (sustainable).
Berikut kami merangkum tujuh ikan yang mengandung merkuri dunia versi Unik Bin Aneh, ketujuh benda tersebut, yaitu :



1. IKAN TUNA
Pada umumnya ikan tuna mempunyai kandungan merkuri yang tinggi tapi ikan tuna jenis albacore, jenis ikan tuna yang sering dibuat makanan kaleng—mendapat rating Super Hijau (Super Green),  Alasannya: ikan muda yang lebih kecil (biasanya kurang dari 20 ponds) biasanya ditangkap dengan cara ini (sedangkan ikan yang lebih besar ditangkap dengan pukat rawai (longline). Ikan ini mempunyai kandungan merkuri dan kontaminan yang jauh lebih rendah, dan ikan tuna albacore yang ditangkap di perairan utara sering kali mengandung omega-3 yang lebih tinggi. Tantangannya: Anda perlu mencari tahu bagaimana ikan tuna albacore yang akan Anda beli itu ditangkap atau mencari eko label biru (blue aco label) dari Marine Stewardship Council (MSC).






2. IKAN SALMON
Sebagai informasi untuk anda sebagus apa pengelolaan wilayah perikanan salmon Alaska, pertimbangkan hal ini : para ahli biologi menyempatkan diri untuk tinggal di muara sungai untuk menghitung berapa banyak ikan liar yang kembali ke sungai tersebut untuk bertelur. Jika angkanya menurun, maka wilayah perikanan itu ditutup sebelum mencapai batasnya, seperti yang dilakukan baru-baru ini dengan wilayah perikanan Chinook. Dengan adanya pemantauan yang saksama ini dengan pembatasan yang ketat dan manajemen kualitas air yang cermat, berarti ikan salmon Alaska yang ditangkap secara liar adalah sehat untuk dikonsumsi (ikan ini mengandung 1.250 mg omega-3 per porsi dua ons dan hanya sedikit mengandung kontaminan) dan lebih sustainabledibandingkan dengan wilayah perikanan salmon lainnya.






3.IKAN MARLIN
Black Marlin Fish pada umumnya hidup di daerah perairan yang memiliki lautan tropis, seperti daerah pantai, juga daerah lepas pantai, dan perairan  laut di Indonesia. Samudra Pasifik dan  pantai timur Afrika serta  perairan Australia juga di diami oleh sebagian kecil ikan ini. Black Marlin Fish Memiliki kandungan DHA dan Omega 3 yang juga sangat tinggi. Ikan ini termasuk mengandung mercuri.










4.IKAN TROUT
Ikan trout danau banyak mengandung kontaminan, namun hampir semua ikan trout yang Anda temui di pasar adalah jenis rainbow trout yang dibudidayakan. Di AS, rainbow troutdibudidayakan terutama di kolam air tawar dan di gerai makanan cepat saji, dimana ikan-ikan tersebut diindungi dari kontaminan dan diberi makan makanan ikan khusus yang telah dirancang sedemikian rupa untuk melestarikan sumber daya alam.







5.IKAN KAKAP
Ikan memang telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, mengingat begitu luasnya perairan Indonesia menjadikan Indonesia negara yang kaya akan hasil perairannya baik air lautnya maupun air tawarnya. Ikan kakap merah mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak dalam setiap porsi 100 gram. Ikan kakap adalah ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Mempunya ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis Kakap merah (L. campechanus) dan beberapa jenis yang lain. dan perlu diketahui bahwa ikan ini juga memiliki mercuri.







6.LOBSTER

Sudah tidak asing lagi bagi kita dalam mengenali jenis makanan seafood, Lobster memiliki dua jenis jika diklasifikasikan berada dimanakah mereka hidup, yaitu Lobster Air Laut dan Lobster Air Tawar. Tahukah sahabat bahwa Lobster ini memiliki kandungan gizi yang begitu banyak. Tetapi dari keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir sama tetapi memiliki perbedaan. salah satu kandungan yang baik adalah Omega-3 dan masih banyak lainnya lagi. tetapi perlu diwaspadai juga bahwa lobster ini tidak baik dikonsumsi dalam jumlah porsi yang berlebih karena terkandung juga mercuri didalamnya.








7.IKAN KERAPU
Sebagai informasi yang penting untuk anda bagi pecinta makan makanan ikan, ketahuilah Kandungan merkuri yang tinggi yang terdapat pada ikan raksasa ini telah membuat EDF mengeluarkan himbauan untuk tidak mengkonsumsinya. Ikan kerapu bisa hidup hingga usia 40 tahun tapi hanya melakukan reproduksi sebentar saja, sehingga membuat ikan ini terancam punah jika ditangkap secara berlebihan.



Itulah ketujuh ikan yang mengandung mercuri versi Aneh Bin Unik, simak terus ulasan kami selanjutnya karena disini kami tidak hanya menyajikan hiburan tapi juga wawasan untuk informasi anda.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. Maaf pak .. bukannya itu namanya syirik ??

    ReplyDelete
  2. Maaf pak .. bukannya itu namanya syirik ??

    ReplyDelete