7 KERETA API SUPER FAST DUNIA

Saat ini Indonesia masih berkutat dengan penambahan armada angkutan kereta untuk lebaran dan liburan agar makin akomodatif, negara-negara di Eropa dan Asia sedang sibuk menciptakan alat transportasi kereta yang dapat meluncur secepat peluru ketika ditembakan.
Diperlukan teknologi canggih dan sumber daya manusia luar biasa untuk dapat merealisasikan kenyataan tersebut. Dan sekarang, penumpang di negera-negara tersebut sudah dapat menikmatinya. Nah kali ini, kami sudah merangkum 7 kereta api tercepat dalam sejarah versi ANEH BIN UNIK, ketujuh kereta itu, yaitu : 

1. Shanghai Maglev, Cina

Foto 1 Kereta Tercepat di Dunia
Shanghai Maglev masuk daftar teratas dalam kereta api tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum operasional mencapai 430 km/jam. Kereta cepat ini mulai beroperasi secara komersil pada bulan April 2004 dan berjalan di atas Shanghai Maglev Line sejauh 30,5 km dan menjadi magnetic levitation line yang memanjang dari Longyang Road Station Metro Line 2 dan berakhir di Shanghai Pudong International Airport. Armada yang dimiliki dan dioperasikan oleh Shanghai Maglev Transportation Development Co. ini dikonstruksi oleh joint venture Siemens dan ThyssenKrupp untuk memanjakan penumpang yang ingin bergerak cepat.



2. Harmony CRH 380A, Cina

Foto 2 Kereta Tercepat di Dunia
Harmony CRH 380A punya kecepatan operasional maksimum 380 km/jam dan sekarang ini menempati tempat kedua sebagai kereta tercepat di dunia. Electric Multiple Unit (EMU) mencatat kereta ini dapat menempuh 486 km/jam selama operasi ujicoba untuk menempuh jarak antarkota Shanghai – Hangzhou pada bulan Desember 2010. Armada ini mulai digunakan pada bulan Oktober 2010 yang menghubungkan Beijing – Shanghai dan memberi layanan harian antara rute Wuhan hingga Guangzhou. Kereta ini diciptakan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai universitas di Cina.



3. AGV Italo, Italia

Foto 3 Kereta Tercepat di Dunia
AGV Italo adalah kereta api pertama dalam seri AGV yang memiliki kecepatan maksimum operasional mencapai 360 km/jam. Kereta ini juga penah memecahkan rekor kecepatan hingga 574, 8 km per jam pada bulan April 2007. Dianggap sebagai kereta modern di Eropa, AGV Italo dibuat oleh Alstom dan kini melayani rute Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano. Kereta cepat ini sudah mengikuti standar TSI Eropa, meliputi keselamatan, ketepatan waktu, ketersediaan, kesehatan, proteksi lingkungan, dan teknik.



4. Siemens Velaro E/AVS 103, Spanyol

Foto 4 Kereta Tercepat di Dunia
Velaro E didesain sebagai AVE S 103 di Spanyol dan menjadi seri produksi kereta berkecepatan tinggi di dunia dengan kecepatan operasional mencapai 350 km/jam. Bahkan kereta ini pernah mencatatkan rekor 400 km/jam dalam tes ujicoba di Spanyol. Kereta yang dipesan oleh Spanish National Rainways Renfe yang dikirim pada bulan Juli 2005 dan mulai beroperasi pada bulan Juni 2007 melayani rute dari Barcelona – Madrid. Deutsche Bahn telah berhasil mengembangkan dan sukses mendesain unit-unit kereta hingga dapat beroperasi hingga kini.



5. Talgo 350 (T350), Spanyol

Foto 5 Kereta Tercepat di Dunia
Talgo 350, yang mulanya diberi nama RENFE AVE Class 10 memiliki kecepatan maksimum 365 km/jam selama masa uji coba. Kereta yang beroperasi dengan kecepatan maksimum 350 km/jam ini dikembangkan oleh Patentes Talgo (Tren Articulado Ligero Goicoechea Oriol) dan dihasilkan oleh Patentes Talgo yang berkolaborasi dengan Bombardier Transportation. Lebih populer dengan nama El Pato atau “The Duck” dalam bahasa Spanyol, kereta ini juga beroperasi untuk melayani rute Madrid – Zaragoza – Lleida dari line Madrid – Barcelona sejak tahun 2005. Sekarang ini ada lebih dari 46 seri yang beroperasi di negara ini.




6. Taiwan

Rel kecepatan tinggi Taiwan proyek, yang biaya total $ 18 miliar, merupakan salah satu rencana terbesar di dunia kereta api swasta yang didanai konstruksi. Negara THSR kereta 700T telah memotong waktu perjalanan dari 4,5 jam sampai 90 menit pada rute 214 mil dari ibukota utara Taipei ke kota selatan Kaohsiung. The 30 kereta api berkecepatan tinggi, yang mulai beroperasi pada 2007, didasarkan pada 700 Jepang Shinkansen Seri model "kereta peluru". Sebuah catatan 36,9 juta penumpang naik kereta api pada 2010, meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya. 

Kecepatan tinggi sistem kereta api negeri ini telah menjadi berita utama baru-baru ini setelah pemerintah mengatakan jaringan tidak mungkin bertahan lebih dari 10 tahun karena tanah tenggelam disebabkan oleh terlalu sering menggunakan air tanah. Bulan lalu, pemerintah mengatakan akan tutup sumur air tanah dalam yang mengancam dasar struktural dari sistem berkecepatan tinggi.





7. Russia

Tercepat Rusia kereta kecepatan tinggi berjalan pada Moskow-St. Petersburg line, dan memulai debutnya pada bulan Desember 2009. Jerman-dibangun Velaro RUS kereta api, juga dikenal sebagai Sapsan, telah memotong waktu perjalanan untuk rute 401-mil dari delapan jam sampai tiga jam dan 45 menit. 10-mobil kereta penumpang beroperasi pada kecepatan maksimum 155 mph, tapi mencapai rekor kecepatan 175 mph selama persidangan pada tahun 2009. 


Itulah ketujuh kereta api tercepat dan tercanggih dunia saat ini versi ANEH BIN UNIK, tetap ikuti ulasan kami selanjutnya karena disini adalah sumber informasi warisan dunia untuk anda.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment